Pages

Wednesday, September 5, 2012

Sword Main di Atlantica

Selain menjadi pelajar, saya pun mempunyai sebuah hobi yang saya lakoni sejak kelas 3 SMP bersama rekan-rekan seperjuangan. Yaitu bermain game Atlantica Online.

MMORPG Online yang sudah 2 tahun di Indonesia ini, menyuguhkan tipe game yang sangat menarik, serta sangat mengasah pikiran kita dalam mengatur strategi pertempuran. Dalam game ini banyak beberapa tipe main (karakter utama) yang dapat dipilih saat kita memulai kehidupan yang saya anggap sebagai jaman Epic...

Melee
1. Sword
2. Spear
3. Axe
4. PowerSaw *
Range
5. Gun
6. Bow
7. Cannon
8. Instrumen
Magic
9. Staff

(*) memiliki persyaratan khusus sebelum bisa memilih job tersebut... 












Kali ini, saya akan membahas job main yang saya gunakan saat ini yaitu Main Sword

Sejak pertama rilis dan mulai memainkan game ini, saya memilih job ini karena memiliki keunikan tersendiri...
Menurut pandangan saya tentang job ini, memiliki beberapa kelebihan dan beberapa kekurangan.

(+) Kelebihan
- Job yang sangat bagus untuk tanking, diposisikan di depan formasi pertempuran sebagai job yang kuat untuk menahan formasi
- Memiliki deffence dan vitality yang tinggi, mengingat job ini menggunakan Shield (tameng) yang pada job melee lain tidak bisa menggunakannya
- Menyerang 1 target dengan damage yang menyakitkan, dan memiliki skill yang menggunakan element api (Flame Sword) serta memiliki skill spike yang menyakitkan (Chaos Edge)
- Memiliki beberapa skill spesialisasi yang menarik saat mencapai level tertentu (berlaku juga untuk semua job)

Dalam TBS (Tactical Battle Sistem)
- Memiliki jarak pandang dan kecepatan jalan yang cukup luas
- menjadi prioritas utama untuk diserang  berbagai musuh, cukup menarik untuk meng-eksekusi strategi memancing musuh.

(-) Kekurangan
- Tidak seperti job lain, job ini hanya bisa menyerang single target di depan formasi dan tidak bisa menyerang musuh yang terbang
- Memiliki deffence dan vitality yang tinggi bukan berarti status lain memiliki kelebihan juga. Deffence yang lemah akan magic membuat job ini rentan akan segala magic yang dikeluarkan musuh, termasuk di dalam TBS.
- Memiliki salah satu skill spesialisasi yang bersifat debuff yang baik (shield bash) , akan tetapi skill ini hanya bisa menargetkan satu musuh.

Beberapa skill yang dimiliki job ini, akan saya prioritaskan dalam angka 1-5

Flame Sword = 4

Single target skill
Skill yang cukup baik di awal pembuatan karakter, cocok untuk spiking musuh. Element api dapat memberikan damage tambahan pada skill ini.

Breakdown = 3

Skill AoE ( Area of Effect )
Cukup baik di awal, direkomendasikan untuk meninggikan level skill ini di awal bermain jika anda ingin bermain cepat...

Guard dispel = 2

Skill membatalkan holy guard musuh
Skill ini, anda harus memikirkan tipe formasi yang akan anda gunakan apabila menggunakan skill ini

Dark seed =1

Memberikan efek racun pada musuh
Tidak terlalu berguna bagi saya untuk skill ini :/. Namun ada kombinasi yang tersembunyi dalam skill yang membuat anda berfikir 2 kali untuk menggunakan skill ini

Chaos Edge = 5

Skill spiking yang dapat menyerang musuh secara horizontal formasi dengan damage yang sangat sakit

Namun, skill tersebut bisa didapatkan di level tertentu dengan menyelesaikan Quest Upgrade...

Specialitation Skill

Dalam skill ini, saya merekomendasikan skill Shield Bash
Skill ini sebagai skill debuff yang sangat baik, cocok saat anda menghadapi boss, baik dalam pertarungan normal maupun TBS...


Beberapa update akan saya lakukan segera jika mendapat informasi lain tentang job ini

No comments:

Post a Comment

 

About